Apa Saja Kejuaraan Bola Basket Nasional di Tiap Negara ?

Kejuaraan-Bola-Basket-Nasional

Kejuaraan bola basket nasional di tiap negara pasti berbeda-beda. Olahraga bola tangan ini banyak digemari dan banyak dimainkan oleh banyak orang. Baik yang bermain hanya sekedar hobi saja atau bermin sebagai atlet nasional.

Setiap negara kejuaraan pada bola basket nasional pasti diadakan, kejuaraan ini biasanya diikuti oleh klub-klub yang terbentuk. Biasanya liga atau kejuaraan ini akan dilakukan selama satu musim atau satu tahun sama saja dengan liga yang dilakukan pada olahraga lainnya.

Pemain profesional akan bergabung dengan klubnya masing-masing dan berkompetisi. Setiap negara pastinya berbeda kejuaraannya. Berikut ini kami jelaskan secara lengkap kejuaraan nasional bola basket yang ada pada tiap negara.

Kejuaraan Bola Basket Nasional di Tiap Negara Termasuk Indonesia

Salah satu kompetisi yang cukup terkenal pada cabang olahraga basket ini adalah NBA atau liga bola basket profesional di Amerika dan juga Kanada. Klub yang bermain tentu saja semua klub yang memiliki basis di Amerika dan juga Kanada.

Selain NBA masih banyak kejuaraan bola basket nasional yang ada pada setiap negara termasuk Indonesia sebagai berikut ini.

  1. NBA

National Basketball association merupakan liga bola basket pria yang diselenggarakan di Amerika serikat. Termasuk salah satu kejuaraan bola basket yang paling bergengsi di seluruh dunia.

Pertama kali didirikan di New York City tanggal 6 juni tahun 1946, awalnya NBA ini dinamai dengan Basketball Association of America atau BAA. Sampai saat ini terdaftar ada 30 club yang bertanding pada kompetisi.

Setiap klub akan berpusat pada satu kotanya masing-masing kecuali kota Los Angeles karena mempunyai dua tim yang terdaftar yaitu Los Angeles Lakers dan Los Angeles Clippers.

Memiliki format musim reguler, setiap tim akan memulai kamp pelatihan setiap akhir November. Kamp ini biasanya akan diadakan oleh staff kepelatihan untuk mengevaluasi para pemain diutamakan para pemula yang baru bergabung.

Pada kamp pelatihan ini juga akan disusun strategi berdasarkan kekuatan dan kelemahan timnya. Setiap musimnya, klub akan bertanding sebanyak 82 kali dengan 41 pertandingan kandang dan juga tandang.

  1. IBL

IBL atau liga basket indonesia merupakan kompetisi kejuaraan bola basket nasional resmi di Indonesia yang dikelola oleh perbasi atau persatuan basket Indonesia. Pada liga ini, ada 12 klub yang berkontribusi dan saling bertanding.

IBL pertama kali diselenggarakan pada tahun 2003, tetapi sayangnya perkembangan dunia basket di Indonesia berjalan tidak sesuai harapan. Pada tahun 2009 IBL terancam bubar tetapi kembali bangkit pada tahun 2010 berganti nama menjadi National Basketball League (NBL).

Pada tahun 2015 kembali menjadi IBL Reborn dengan promotor baru yaitu Starting Five sampai saat ini.

  1. PBA

Philipines Basketball Association merupakan liga bola basket profesional di Filipina terdiri atas 12 tim yang akan bertanding. Kejuaraan bola basket nasional ini pertama kali didirikan pada tahun 1975, ini merupakan liga basket profesional pertama di seluruh Asia dan yang tertua kedua setelah NBA.

Pertama kali dimainkan pada araneta coliseum di quezon city tanggal 9 april 1975. San Miguel beermen menjadi klub yang memiliki kejuaraan terbanyak di PBA dengan 28 gelar.

  1. CBA

Chinese Basketball association merupakan liga basket profesional pre-eminen yang ada di Asia. Liga ini dimulai pada tahun 1994 dan sampai saat ini ada 20 tim yang tergabung dan berkompetisi di kejauran bola basket nasional di China.

  1. B.League

B-League merupakan liga bola basket pria profesional diadakan di Jepang baru dimulai pada tahun 2016 silam. Liga ini diselenggarakan oleh liga bola basket profesional Jepang dan merupakan hasil penggabungan dari Liga basket nasional dari asosiasi bola basket Jepang dan juga BJ League yang dioperasikan secara independen.

Penggabungan ini disarankan oleh FIBA sendiri sebagai syarat bagi Jepang melanjutkan keanggotannya setelah ditangguhkan pada tahun 2014. Saat ini B.League terbagi menjadi tiga divisi yaitu B1 terdiri 20 tim, B2 terdiri 16 tim dan B3 terdiri 11 tim.

Masih banyak lagi kompetisi kejuaraan lainnya yang ada di setiap negara. Karena setiap negara federasi bola basket internasional atau FIBA wajib menyelenggarakan kejuaraan bola basket nasional selama satu musim.