Teknik Dasar Sepak Bola, Pemula Wajib Tahu

teknik dasar sepak bola

Ada beberapa teknik dasar sepak bola yang perlu diketahui, terutama bagi para pemain pemula. Sudah tidak perlu diragukan lagi, bahwa sepak bola merupakan salah satu olahraga yang digemari di dunia.

Bahkan dapat dibilang terpopuler, sebab hampir setiap Negara mempunyai liga mereka masing-masing. Karena itu, tidak heran bila banyak orang dan anak-anak yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola.

Bagi Anda yang juga tertarik untuk menjadi pemain sepak bola, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui teknik dasarnya. Dalam artikel ini kita akan membahas tentang teknik-teknik dasar dalam bermain sepak bola.

Teknik Dasar Sepak Bola Bagi Pemula

Seperti dibahas sebelumnya, saat ini sepak bola menjadi permainan yang mendunia. Di bawah ini beberapa teknik dasar dalam bermain sepak bola yang perlu Anda ketahui, di antaranya sebagai berikut :

  1. Teknik shooting

Teknik dasar sepak bola yang pertama ialah shooting. Sebuah teknik dasar dalam bermain bola yang dilakukan dengan menembakkan bola, caranya lewat tendangan. Shooting harus tepat, disertai tingkat akurasi yang tinggi.

Teknik shooting ini dilakukan menggunakan kaki kiri bagian dalam, bagian luar atau bisa juga ujung kaki. Selain fokus pada target, jangan lupa juga untuk memperhatikan pemain lawan.

  1. Teknik menghentikan bola

Dalam teknik menghentikan bola ini dapat menggunakan banyak anggota tubuh. Di antarnya, bisa menggunakan dada, kaki, paha, perut dan juga kepala. Pada bagian kaki, Anda bisa menggunakan kaki bagian luar.

Atau bisa juga punggung kaki dan juga telapak kaki. Menghentikan bola dengan paha, karena menerima operan dari jarak jauh. Sedangkan menghentikan bola menggunakan dada, dilakukan saat menerima bola dari atas. 

  1. Dribbling 

Teknik dasar sepak bola yang berikutnya adalah dribbling. Dribbling ini ialah teknik menggiring bola dengan menggunakan kaki. Teknik dribbling dibagi menjadi 2 jenis, yakni closed dribbling dan juga speed dribbling.

Close dribbling dilakukan bila jarak antara pemain dan bola sangat dekat. Sedangkan speed dribbling, pemain menendang bola ke depan, lalu ia akan mengejar bola tersebut dengan cepat.

  1. Passing

Perlu diketahui, teknik passing ini ada kaitannya dengan shooting. Teknik passing sendiri merupakan teknik keterampilan memindahkan bola, menggunakan kaki atau bagian tubuh lain selain tangan.

Passing dibagi menjadi 2, long passing dan short passing. Long passing merupakan teknik untuk membuat tendangan bola melambung ke udara. Sedangkan short passing untuk memberikan bola ke pemain jarak dekat.

  1. Lemparan ke dalam

Teknik dasar sepak bola yang selanjutnya adalah lemparan ke dalam. Teknik yang digunakan ketika bola keluar lapangan. Pemain hanya harus melemparkan bola ke dalam menggunakan kedua tangan.

Namun tidak hanya sekedar melempar bola biasa, pemain juga harus menggunakan teknik yang bagus dalam melempar. Agar lemparan tersebut dapat dilakukan dengan baik, jadi tidak boleh sembarangan.

  1. Juggling

Teknik juggling ini digunakan agar pemain bisa lebih lihai saat mengontrol yang ada padanya. Teknik juggling diterapkan saat bola menyentuh ujung kaki, lalu mengangkatnya dengan kaki.

Untuk dapat melakukan juggling, pegang bola di depan dada, jaga lutut supaya agak menekuk. Lalu baru lakukan juggling, untuk memperoleh hasil maksimal, lakukan latihan secara rutin.

  1. Heading

Teknik heading ialah teknik menyundul bola, dilakukan bila bola berada pada jangkauan yang tinggi. Teknik ini tidak semudah yang terlihat, ada beberapa prinsip yang perlu dilakukan saat menyundul bola.

Jadi bagi yang ingin jago bermain sepak bola dan menjadi pesepakbola professional, kini tidak perlu bingung. Sebab sudah ada beberapa teknik dasar sepak bola yang bisa dipraktikkan agar cepat jago.