Jumlah Pemain Bola Basket dan Penjelasan Posisinya Lengkap

jumlah-pemain-bola-basket

Mengetahui berapa jumlah pemain bola basket dan posisinya tentu saja penting walaupun Anda bermain basket hanya untuk hobi saja. Olahraga ini merupakan salah satu cabang olahraga beregu.

Peraturannya, kedua tim akan saling berhadapan untuk bisa meraih poin paling banyak dengan cara memasukkan bola ke dalam ring. Tidak hanya jumlah saja yang penting tetapi juga peran masing-masing pemain dalam sebuah tim.

Tim yang baik adalah tim yang bisa bekerja sama dan menjalankan perannya dengan baik. Tidak semua pemain akan maju menyerang dan tidak semua pemain akan melakukan pertahanan, untuk bisa memahami permaian basket dan jumlah pemainnya berikut ini informasi selengkapnya.

Berapa Jumlah Pemain Bola Basket Sesuai Aturan

Sebenarnya berapa jumlah pemain basket, menurut peraturan yang sudah berlaku jumlah setiap tim yang terlibat dalam basketball adalah 5 orang. Hal ini sudah sesuai dengan aturan dari Federasi Basket internasional atau FIBA.

Jadi jika masih ada yang memiliki pertanyaan mengenai jumlah pemain bola basket dalam satu regu untuk satu kali pertandingan jawabannya adalah 5 orang per tim. Penentuan jumlah ini juga berdasarkan perhitungan dan pertimbangan.

Salah satunya, ukuran lapangan dengan jumlah pemainnya yang paling proporsional agar tidak terlalu sedikit dan juga tidak terlalu banyak orang.

Penjelasan Lengkap Pembagian Posisi Pemain Bola Basket

Setiap tim pastinya akan berlomba untuk mencetak skor untuk bisa menjadi pemenangnya. Tetapi tidak semua pemain berperan sebagai penyerang untuk bisa mencetak skor. 

Perlu diketahui dalam tim setiap pemain memiliki posisi dan tugasnya masing-masing. Berikut ini posisi yang akan dimiliki oleh setiap pemain bola basket.

  1. Point guard

Point guard merupakan posisi nomor satu yang memiliki tugas cukup penting dalam tim saat bermain. Biasanya pemain yang berperan sebagai point guard di antara jumlah pemain bola basket lainnya memiliki postur paling pendek di dalam tim.

Skill yang paling menonjol dan harus dimiliki adalah kemampuan untuk menggiring bola dan memberikan umpan pada pemain lainnya. semakin baik seorang pemain memberikan assist atau umpan semakin baik kualitas yang ia miliki.

Tugas yang dimiliki point guard ini adalah mengontrol bola dan mengatur serangan untuk bisa mengobarik-abrik pertahanan lawan dan mencetak skor.

  1. Shooting guard

Peran ini merupakan posisi nomor dua di dalam tim, di antara jumlah pemain bola basket shooting guard ini akan berfokus pada kemampuan shooting atau menembaknya.

Paling umum yang dipilih sebagai shooting guard memiliki postur tubuh yang tinggi agar bisa membantu dan menggantikan point guard saat tim sedang melakukan serangan.

  1. Small forward

Posisi nomor tiga dalam tim ini memiliki peran untuk menolong dan mengambil peran dari point guard yang sedang dalam tekanan tim lawan. Biasanya skill yang harus dimiliki oleh small forward mampu one on one dengan pemain lawan.

Serta permainannya juga agresif dan kuat sehingga pada saat situasi sedang bertahan ia akan menjaga lawan yang memiliki posisi shooting guard dan small forward agar kesulitan gerak dan mencetak skor.

  1. Power forward

Posisi keempat biasanya akan memiliki postur tubuh paling kuat dan tinggi dibanding jumlah pemain bola basket lainnya. 

Tugas utama dari seorang power forward adalah menangkap bola yang memantul dari ring atau disebut juga dengan istilah rebound dalam posisi bertahan atau juga menyerang.

  1. Center

Posisi terakhir atau disebut sebagai posisi kelima memiliki sebutan lain yaitu big man. Posisi ini biasanya akan di tempat oleh seseorang dengan tubuh besar dan juga tertinggi. Di antara pemain bola basket dengan tugas utama menghalangi tembakan lawan menyusup pertahanan lawan dan juga terakhir menjaga daerah pertahanan.

Kemampuan yang harus dimiliki oleh center adalah memanfaat kan punggungnya untuk menghalangi lawan menyusup pertahanan.

Tidak hanya mementingkan skill setiap individu, dalam cabang olahraga beregu sangat penting untuk mengetahui posisi dan tugas setiap pemain agar bisa bekerja sama dan solid. Termasuk jumlah pemain bola basket sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh FIBA.